Minggu, 19 Oktober 2014

Pengertian Database Management System


ToThePoint aja,

Database adalah suatu susunan/kumpulan data operasional lengkap dari suatu organisasi/perusahaan yang diorganisir/dikelola dan simpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dengan menggunakan komputer sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan pemakainya.

Sistem Database adalah suatu sistem penyusunan dan pengelolaan record-record dengan menggunakan komputer, dengan tujuan untuk menyimpan atau merekam serta memelihara data operasional lengkap sebuah organisasi/perusahaan sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan pemakai untuk kepentingan proses pengambilan keputusan.

Database Management System (DBMS) adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan, membuat, memelihara, dan mengontrol akses ke database.

Fungsi Database Management System (DBMS)
  • Data Definition, Database Management System (DBMS) harus dapat mengolah pendefinisian data.
  • Data Manipulation, Database Management System (DBMS) harus dapat menangani permintaan dari pemakai untuk mengakses data.
  • Data Security & Integrity, Database Management System (DBMS) harus dapat memeriksa security dan integrity data yang didefinisikan oleh Database Administrator (DBA).
  • Data Recovery & Concurency, Database Management System (DBMS) harus dapat menangani kegagalan – kegagalan pengaksesan database yang dapat disebabkan oleh kesalahan sistem, kerusakan disk, dan sebagainya.
  • Data Dictionary, Database Management System (DBMS) harus menyediakan data dictionary. Data dictionary adalah tempat penyimpanan informasi yang menggambarkan data dalam database. Data dictionary biasa disebut juga dengan metadata atau data mengenai data.
  • Performance, Database Management System (DBMS) harus menangani unjuk kerja dari semua fungsi seefisien mungkin.

Bahasa Dalam Database Management System (DBMS)
  • Data Definision Language (DDL),  Hasil kompilasi dari perintah DDL adalah satu set dari table yang disimpan dalam file khusus disebut data dictionary/directory.
  • Data Manipulation Language (DML), Bahasa yang memperbolehkan pemakai untuk akses atau memanipulasi data sebagai yang telah diorganisasikan sebelumnya dalam model data yang tepat.
    Secara dasar ada dua tipe DML :
    1. Prosedural, yang membutuhkan pemakai untuk menspesifikasikan data apa yang dibutuhkan dan bagaimana untuk mendapatkannya contoh dbase III, foxbase, dll.
    2. Non prosedural, yang membutuhkan pemakai untuk menspesikasikan data apa yang dibutuhkan tanpa menspesifikasikan bagaimana untuk mendapatkannya. Contoh SQL, QBE, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar